50.000 Botol Wine dari 30 Negara

Para jawara dari berbagai negara, atau pemenang dari kompetisi nasional sommelier di Indonesia, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam diadu melawan satu sama lain dalam pertarungan over blind tasting of wines and spirit, juga bagaimana menampilkan makanan bersamaan dengan wine. Sayangnya Indonesia, yang diwakili Suryanto dari Four Seasons Hotel Jakarta, kali ini belum berhasil menjadi juara.

Tidak hanya pengetahuan tentang taste. WFA juga membuat kelas dengan topik yang berkaitan dengan bisnis wine. Di antaranya “Wine Business Forum: Responding to the World Financial Crisis”. Di sini dibahas kaitan antara krisis finansial global dengan industri wine. Sementara topik “International Wine Importer Course”, melengkapi kemampuan bisnis wine-related untuk memberikan mutu terbaik bagi bisnis wine.

Profesional dan Agresif

Boleh diakui, sebagai negara penjual jasa, Singapura sangat profesional dalam berbagai penyelenggaraan event internasional, termasuk WFA. Berbagai lembaga yang berkaitan dengan industri wine saling mendukung dan bekerjasama.

Dua lembaga yang penting dalam WFA adalah MP Asia Pte Ltd dan Wine Resources Pte Ltd. MP Asia adalah bagian dari grup MP International (MPI) yang memiliki spesialisasi dalam mengorganisasi pameran, konferensi dan event spesial untuk beragam industri dan grup. Didirikan di Singapura pada tahun 1987 dan didukung oleh jaringan internasional, grup ini telah mengorganisasi dan menyelenggarakan sekitar 300 event nasional, regional dan internasional.

Sementara Wine Resources bisnis utamanya adalah mengorganisasi event wine dan pendidikan. Mereka berkolaborasi dengan Singapore Polytechnic dan Singapore Chinese Chamber Institute of Business untuk menyelenggarakan program tersertifikasi dalam industri wine dalm bahasa Inggris dan Mandarin.

Selain profesional mereka juga sangat agresif. Dalam pra event, penyelenggara melakukan kampanye di negara-negara penghasil utama wine untuk menarik para pecinta wine dan eksportir dalam WFA 2009. Mereka melibatkan berbagai pihak, sebutlah anggota wine bodies, asosiasi, dan agen di negara-negara utama penghasil wine untuk mencapai industri wine internasional. Di antara para klien, penyelenggara WFA 2009 telah bekerja sama dengan agensi-agensi seperti Austrade dan Sopexa untuk memasarkan event ini.

Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Penyelenggara juga melakukan roadshow di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia tentu saja, untuk menarik pengunjung trade ke ajang WFA 2009, one-stop shopping venue di dalam industri wine regional.

Mengapa Singapura serius, karena industri wine memang lagi naik daun di Asia. Berdasarkan riset industri ini, wine di Asia bisa tumbuh sekitar 10-20 persen per tahun selama lima tahun ke depan, bersama dengan China, Hong Kong, Taiwan, Singapura, dan Korea sebagai pemimpinnya. Nilai konsumsi di Asia (tidak termasuk Jepang) bisa bertambah dua kali lipat, mencapai US$17 miliar pada tahun 2012 dan melonjak menjadi US$ 27 miliar pada tahun 2017.

Dengan menjadi tuan rumah WFA, Singapura ingin menjadi pusat influensial bagi industri wine di Asia, di mana hal ini membuat WFA 2009 sebagai wadah bisnis untuk produsen wine di Asia Pasifik. Itu sebabnya, tidak hanya berhenti di WFA. Setelah event ini, rangkaian seminar wine dan tasting tingkat lanjutan akan diselenggarakan akan diselenggarakan. Sebutlah event serupa yang melibatkan International Congress of Chinese Cuisine & Wine Symposium di Shanghai, China.

Tawaran lanjutan post-WFA ke Shanghai, China ini jelas menarik dan menjadi nilai tambah, karena peluang untuk melakukan penetrasi lebih jauh. Asal tahu saja, China merupakan pasar wine terbesar ke sembilan di dunia. Nilai impor ke China diprediksi bisa mencapai US$ 870 juta pada tahun 2017, meningkat hampir lima kali lipat dari US$184 juta di tahun 2007. (Burhan Abe)

Related Stories

spot_img

Discover

Sudestada Merayakan Kolaborasi dan Prestasi

Sudestada menorehkan sejarah dengan pencapaian gemilang Chef Victor Taborda, membuka jalan untuk inovasi kuliner...

Fairfield by Marriott Mencari Calon Reporter Wisata Penuh Semangat 

Petualangan Paling Menarik di Dunia  Perjalanan Disponsori Selama 30 hari di Jepang Menanti Para Wisatawan...

Maria Sharapova, Global Aman Wellness Ambassador, Launches a Retreat...

A revolutionary three-night workshop in the Peloponnese organized and hosted by Maria Sharapova from...

Enjoying a Coffee Plantation Adventure at Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran, a captivating agro-tourism destination nestled in the coffee plantations of Semarang...

Discover Unmatched Luxury Wellness with RAKxa’s Seasonal Retreats at...

Enjoy the Ultimate Summer Escape this August with RAKxa's "Optimal Fitness Retreat"  RAKxa Integrative Wellness,...

Jember’s World-Class Cigars

In the town of Jember, Indonesia, Boss Image Nusantara (BIN) Cigar is crafting cigars...

Popular Categories

Comments